Friday, January 15, 2010

Apa itu Test TPOEL?


Tentu kita udah sangat familiar dengan namanya, pada saat ini score TPOEL sangat diperlukan sebagai syarat kalo kita akan melanjutkan sekolah S2 di dalam maupun luar negeri, maka score TPOEL akan sangat diperlukan sebagai syarat kelulusan ataupun untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar/multinasional sebagai syarat diterima atau tidaknya. Saat ini sudah banyak lembaga-lembaga kursus yang menyediakan jasa dengan mengeluarkan sertifikasi TPOEL.

TOEFL adalah akronim dari Test Of English as a Foreign Language,TOEIC adalah akronim dari Test Of English as an International Communication, ILETS adalah akronim dari International Language of English Testing System, ESP adalah akronim dari English for Specific Purposes. TOEFL merupakan portofolio kemampuan bahasa inggris seseorang secara umum berdasarkan standar US English. TOEIC merupakan portofolio kemampuan bahasa inggris seseorang secara umum berdasarkan standar Business English (Ekonomi. ILETS merupakan portofolio kemampuan bahasa inggris seseorang secara umum berdasarkan standar Negara – Negara persemakmuran Inggris. Sedangkan, ESP adalah jenis ilmu bahasa inggris yang memiliki tujuan khusus.

Dalam bahasa inggris, dikenal dua jenis pengajaran yaitu:
(1) General English meliputi percakapan, grammar tanpa difokuskan kepada salah satu ilmu lain seperti istilah – istilah kedokteran dsb,(2) ESP membahas Bahasa Inggris untuk tujuan khusus. Jadi, TOEFL TOEIC IELTS merupakan bagian dari ESP, sedangkan Conversation merupakan bagian dari General English.

Sebelumnya perlu dibedakan pengertian sertifikat dan sertifikasi. Hal ini perlu diketahui karena lembaga TOEFL dunia tidak serta merta memperbolehkan lembaga – lembaga pendidikan sejenis mengeluarkan sertifikat. Lembaga TOEFL dunia menunjuk lembaga tertentu secara resmi untuk mengeluarkan sertifikat yang diakui dunia.

Sertifikat adalah portofolionya, atau keterangan seseorang yang telah melakukan test TOEFL di lembaga penyelenggara test yang ditunjuk oleh lembaga TOEFL dunia. Thus, tidak semua lembaga bisa mengeluarkan sertifikat TOEFL. Di Indonesia, Authorized – nya ada di Menara Imperium. Sertifikat ini diakui dan bisa digunakan secara internasional untuk tujuan akademis maupun umum.

Sertifikasi adalah keterangan dari sebuah lembaga pendidikan biasa yang tidak mendapat penunjukan dari lembaga TOEFL dunia bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan test TOEFL di lembaganya. Sertifikasi tidak lebih digunakan sebagai gambaran perkiraan kemampuan bahasa Inggis seseorang atau seringkali disebut dengan TOEFL Prediction Test. Sertifikasi ini bisa juga digunakan, namun biasanya perusahaan atau institusi internasional akan meminta sertifikat resmi.


Sertifikat TOEFL resmi bisa didapatkan dengan mengikuti test TOEFLyang diselenggarakan di Menara Imperium. Biasanya diadakan dua kali sebulan pada minggu pertama dan ketiga. Yang perlu diketahui adalah, pelaksanaan test di sini dilakukan secara professional dan terpusat dari lembaga TOEFL dunia. Untuk itu, patut dipertimbangkan mempersiapkan segala sesuatu termasuk mengikuti TOEFL Prepartion di lemabaga – lembaga bahasa inggris dengan baik sebelum mengikuti test resmi.

Sedangkan untuk sertifikasi, kita bisa mendapatkan di lembaga – lembaga bahasa inggris yang menyediakannya. Biasanya, lembaga tersebut mengadakan TOEFL Predictionnya, tetapi ada juga yang hanya menyelenggarakan testnya. Biaya prediction umumnya berkisar antara 2 sampai 4 juta untuk satu kali bimbingan sekitar 20 kali pertemuan.

Bagi teman-teman yang ingin mengetest berapa score TPOEL-nya, berikut ini saya sarankan untuk men-download software yang sangat aplikatif. Software ini dapat di download dibawah ini:

Download Software Aplikasi TPOEl.

0 comments:

Post a Comment

 

ShoutMix chat widget

Followers

SEMUA ADA DISINI Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts